Sunday, January 25, 2015

Pasar Santa (Santa Market)

Ceritanya lagi jaman buat nongkrong di pasar. Yap! seperti yang kita tahu, pasar merupakan tempat tradisional bagi para ibu untuk berbelanja. Kata emak gw, kalau bangun kesiangan, nanti ga dapet apa-apa di pasar, alias udah abis semua bahan makanannya. Di pikiran lo juga pasti pasar itu tempat orang jual sayur mayur, ayam, daging, ikan yang amis-amis deh. Tapi enggak dengan pasar yang satu ini, yaitu Pasar Santa. Disini lo bakal ngeliat setiap weekend dari siang sampe malem rameeee sama pengunjung terutama anak-anak muda. Kenapa? karena di Pasar Santa banyak anak-anak muda yang kreatif pemikirannya untuk menjual berbagai macam apapun yang bisa dijual, terutama makanan. Saat ini Pasar Santa menjadi salah satu tujuan kuliner paling diminati oleh para remaja. 

Jangan berharap suasana yang cozy, dingin dan nyaman ya. Lho? kenapa? Ya namanya aja pasar, pasti panas, apalagi kalau lagi rame, bisa penuh sesak. Hampir setiap tempat kuliner makanan yang dijajakan disini pasti NGANTRI! terutama buat kuliner-kuliner yang kreatif. Yuk mari di cek penelusuran gw ke Pasar Santa ini di hari Minggu sore. Jam buka tempat kuliner di Pasar Santa bervariasi, ada yang pas weekend aja, ada yang dari hari rabu - minggu. Sebaiknya, sebelum kesini, lo browsing dulu tempat mana yang bakal dikunjungi dan jam bukanya. 


1. Claypot Popo
Claypot Popo berada di lantai 1 Pasar Santa, naik sekali ya dari tempat lobby masuk *gayaaaaa banget bahasanya lobby*. Jangan tanya gw tempat persisnya dimana karena ini gw ngubek-ngubek sendiri, saking banyak dan ramenya tempat. Tapi pasti ketemu kok. Yang gw inget, posisinya depan depan-nan sama Burger Ramen (belum kesampean coba). 

 
Nasi Kerak Daging/Ayam dengan 
tofu, sayuran kuning telur dan disiram kuah kental - Rp 25.000,-
 Ini kuliner kreatif pertama menurut gw. Claypot popo menyajikan sajian nasi beda dari yang lain. Jadi beras yang sudah dibumbui disajikan di semacam pot berbentuk mangkok tanah liat dan dipanaskan bersama kuah kental, tofu, sayuran, dan bumbu lainnya. Kalau lo lagi kelaperan, ini cocok jadi tempat pertama yang lo kunjungin, baru abis itu melanglang buana ke yang lain. Rasanya, sedap-sedap gurih, makannya juga enak pas panas-panas. Buat yang ga suka kuning telurnya mentah, bisa dibikin mateng kok. Ohiya saran gw, begitu pesanan lo jadi, langsung lo aduk semuanya ya biar kecampur rata.


2. Roti Eneng
Roti eneng juga adanya di lantai 1, jam bukanya Sabtu dan Minggu aja, mulai dari jam 4 sore sampe abis. Ngantrinya ga usah ditanya ya. gw harus bolak balik ada kali 4 kali untuk nanyain pesenan gw udah ada di list antrian yang digantung apa belum. Karena kalau belum ada, berarti pesanan lo masih di tumpukan waiting list haha.
Roti Bakar Ovomaltine Cream Cheese - Rp 25.000,-
Ini kuliner kedua kreatif versi gw. Roti Eneng. Disini lo ga akan nemuin roti bakar pada umumnya karena isinya aja ada hazelnut kresek kresek, ovomaltine cream cheese, matcha butter, earl grey caramel, keju kalsium, dsb. Untuk ukuran roti bakar, memang agak mahal sih. Tapi mengingat isiannya yang menggunakan ovomaltine dan cream cheese, mari lah diwajari saja. Akhirnya setelah menunggu sekitar 45 menit, jadi juga roti bakar gw. Rotinya lembut banget, karena si eneng bikin sendiri katanya. Ovomaltine cream cheesenya juga enak, melting gitu. Sayangnya gw cuman pesen 1 huhuhuhu, padahal ini bikin nagih. 


 3. Gayobies Coffee
Ada beberapa kedai kopi di Pasar Santa yang menyediakan berbagai macam kopi buat kamu pencinta kopi, salah satunya Gayobies Coffee ini.
Vanilla Latte Frappucino - Rp 28.000,-
Ini kuliner ketiga kreatif versi gw *apa sih*. Kenapa? disini ada earl grey light frappe yang GA BISA GW COBAIN karena SOLDOUT. Penasaran sama rasa earl grey, susu dan madu yang di blend jadi satu. Sayang sekali saudara-saudara. Akhirnya gw pesan Vanilla Latte Frap, lattenya emang identik dengan rasa pahit yang agak strong. ga special-special banget sih, tapi okelah untuk penikmat kopi. 


4. Es Duren Cendol (bener ga ya namanya)
Letaknya ada di lantai 1 seberang DOG (diyoji hot dog). Meskipun cuman sekedar es krim duren atau cendol, antrinya tetep aja ngekorrrr kaya ular tangga. Nunggu pesenan jadi juga cukup lamaa huhuhu
Es Krim Durian Kit Kat Green Tea - Rp 29.000,-
Setengah jam berlalu tik tok tik tok, nama gw dipanggil juga. Ini dia es krim green tea durian dengan kit kat green tea dan cincau hijau. Cocok dijadiin penutup di segala penutup. Dingin, adem, nyesss, pikiran juga adem dari sisa-sisa kekesalan antri panjang semua makanan. Must try gan sist!


Begitulah pengalaman gw beberapa jam di Pasar Santa, pengen cobain yang lainnya, tapi kebanyakan udah sold out atau antrinya yang bikin ga sanggup lagi. Next time, mau kesini lagi tapi harus dengan persiapan tinggi!

TIPS PENTING yang memperlancar hati dan pikiran lo nanti,
1. GA USAH BAWA MOBIL, naik motor atau angkot aja - karena susah banget cari parkir, yang ada lo ribet dan pusing duluan sebelum sampe. atau kalau memang kepaksa banget, parkirlah di luar gang pasar santa aja. Karena bagian dalem Pasar Santa dan gangnya tuh riweehhh bgt.

2. GA USAH GEGAYAAN PAKE BAJU MODIS - lo cuma ke pasar? ngapain pake dress? pake baju modis ala-ala remaja sekarang. cukup KAOS, CELANA JEANS/PENDEK, SANDAL JEPIT. ga ada yang mau liatin juga kalau lo pake yang bergaya gaya, semua pada sibuk antri. 

3. PERHATIKAN TAS DAN BARANG BAWAAN - tetep aja ini namanya pasar, penuh, rame, lo tetep harus super hati-hati sama barang bawaan lo. Bawa tas yang simpel aja dan ringkes

4. BAWA TISSU DAN KIPAS - ini optional aja sih buat yang gampang keringetan dan ga tahan panas.

5. BROWSING DULU YA - sebelum kesini ada baiknya browsing dulu, mana tempat makan yang favorit dan recommended, jangan main asal jeblug kesini! yang ada lo melewatkan tempat makan yang bener-bener oke disini dan malah dapet tempat makan yang B aja. 

SELAMAT BERKELANA!!!!

Food : 8.5/10
Atmosphere : 7/10
Service : 7/10


Pasar Santa, 1st Floor 
Jalan Cipaku I, Senopati 
Jakarta Selatan


Full Tummy and Happy People!



No comments:

Post a Comment